Select Language  
Book's Detail
PENGELOLAAN VOLUNTEER GEN FAIR 2014 SEBAGAI STRATEGI CRM RADIO 98.7 GEN FM UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN RADIO 98.7 GEN FM

Menjalin hubungan dengan pelanggan merupakan salah satu hal yang penting dalam keberlangsungan bisnis perusahaan. Sehingga, diperlukan strategi customer relationship management (CRM) yang dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Keterlibatan volunteer dalam special event Gen Fair 2014 menjadi salah satu bagian dari strategi CRM Radio 98.7 Gen FM untuk menjalin hubungan jangka panjang dan menciptakan loyalitas pelanggan. Loyalitas yang diinginkan sebagai hasil dari strategi CRM tersebut membutuhkan suatu pengelolaan.

Penelitian ini dibuat untuk menganalisis tahapan pengelolaan volunteer Gen Fair 2014 sebagai strategi CRM Radio 98.7 Gen FM dan bagaimana pengelolaan tersebut dapat menghasilkan loyalitas pelanggan pada volunteer sebagai hasil yang diharapkan dari strategi CRM. Radio 98.7 Gen FM merupakan salah satu stasiun radio yang sejak 2007 selalu menyajikan musik lokal (Indonesia) terbaru untuk para pendengarnya yang disapa Sobat Gen. Volunteer Gen Fair 2014 merupakan para Sobat Gen yang turut mendukung pelayanan Radio 98.7 Gen FM pada saat special event Gen Fair 2014 berlangsung.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif, di mana penulis melakukan wawancara mendalam dan observasi untuk mendapatkan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan Sobat Gen sebagai volunteer di Gen Fair 2014 dapat dikategorikan sebagai strategi CRM dan pengelolaan volunteer Gen Fair 2014 memiliki peran terhadap loyalitas pelanggan.

Kata kunci: volunteer, volunteer management, customer relationship management, loyalitas pelanggan, radio.

Statement of Responsibility
Author(s) KartikaPutriHanafi (1111003050) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/15/068
Subject(s) Loyalitas Pelanggan
Radio
volunteer
volunteer management
customer relationship management
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...