Select Language  
Book's Detail
PENGARUH PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT XYZ

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh program customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan dari PT XYZ. Dimensi yang di ukur untuk variabel X / independent (customer relationship management) antara lain one to one marketing, continuity marketing, patnering program dan teknologi. Sementara untuk variabel Y/ depedent (loyalitas pelanggan) diukur dengan repeat purchase, refers other, across product, dan immunity .Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 perushahaan yang merupakan pelanggan dari PT. XYZ yang telah menggunakan produk dari PT.XYZ selama kurun waktu lebih dari 6 bulan. Pengambilan sample menggunnakan teknik purposive sampling. Uji validitas dan realibilitas dilakukan untuk menguji instrumen. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program customer relationship management memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil R2 sebesar 0,887 dan menunjukan bahwa customer relationship management pada penelitian ini memberikan proporsi kepada variabel loyalitas pelanggan 88,7%. Disarankan kepada PT XYZ untuk semakin intens menjalin hubungan dengan pelanggan dan melakukan personal touch dengan pelanggan. Dan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel lain seperti personal selling karena di duga adanya penggaruh komunikasi langsung dari personal selling sehingga mempengaruhi loyalitas konsumen dan kepuasan pelanggan.

Kata Kunci:Cutomer relationship management, loyalitas pelanggan

Statement of Responsibility
Author(s) IinNurYurinda (1111001052) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/15/471
Subject(s) Loyalitas Pelanggan
Cutomer relationship management
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...