Select Language  
Book's Detail
Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Perusahaan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance yang terdiri dari komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit, kualitas audit, dan ukuran dewan direksi, terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan dengan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan rasio leverage sebagai variabel kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2007-2010 secara berturut-turut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 136 sampel yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, komite audit, dan ukuran dewan direksi berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa komisaris independen berpengaruh negatif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan. Sedangkan untuk kepemilikan institusional dan kualitas audit terbukti tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan dipengaruhi oleh kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen, dan ukuran dewan direksi.
Kata Kunci: Corporate Governance, Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Perusahaan, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Kualitas Audit, Ukuran Dewan Direksi, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Rasio Leverage.

Statement of Responsibility Tugas Akhir ini adalah hasil karya saya sendiri, dan semua sumber baik yang dikutip maupun dirujuk telah saya nyatakan dengan benar
Author(s) Risky Amelia (1081002148) - Personal Name
Monica Weni Pratiwi , S.E. , M.Si (Pembimbing I) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/12/124
Subject(s) corporate governance
Laporan Keuangan Perusahaan
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2012
Specific Detail Info Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...