Select Language  
Book's Detail
Perhitungan Tarif Dasar Layanan Instalasi Radiologi CT Scan 16 Slices Berdasarkan Metode Activity-Based Costing (Studi Kasus Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam)

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perhitungan tarif dasar layanan CT Scan 16 Slices pada instalasi radiologi RS Budi Kemuliaan Batam dengan mengimplementasikan metode ABC. Perhitungan tarif dasar dengan metode ABC dapat dijadikan sebagai pertimbangan manajemen RS Budi Kemuliaan Batam dalam menetapkan tarif setiap pemeriksaan CT Scan 16 Slices. Objek penelitian yang digunakan adalah aktivitas-aktivitas yang terjadi di pelayanan CT Scan 16 Slices pada instalasi radiologi RS Budi Kemuliaan Batam peride Mei 2011 – Desember 2011. Jenis penelitian ini adalah metode studi kasus dengan melakukan metode analisis deskriptif kualitatif yang memaparkan cara kerja metode dan prosedur penggunaan metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara tarif pelayanan CT Scan 16 Slices yang berlaku saat ini dengan tarif yang menghitung biaya dengan metode ABC. Perbedaan tersebut disebabkan karena pembebanan biaya pada masing-masing pemeriksaan. Pada tarif CT Scan 16 Slices yang berlaku saat ini tidak mempertimbangkan elemen-elemen biaya, cost driver, dan cost hierarchy, akibatnya cenderung terjadi distorsi pada pembebanan biaya. Sebaliknya, penghitungan biaya dengan metode ABC telah mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap pemeriksaan secara tepat berdasarkan konsumsi masing-masing aktivitas.

Kata Kunci: Activity-Based Costing, cost driver, cost hierarchy, Refining Costing System, total biaya, iaya tidak langsung, biaya langsung, dasar alokasi, dan tarif dasar.

Statement of Responsibility Tugas Akhir ini adalah hasil karya saya sendiri, dan semua sumber baik yang dikutip maupun dirujuk telah saya nyatakan dengan benar
Author(s) Ravika Permata Hati (1081002027) - Personal Name
Tita Nurvita S.E. , M.M (Pembimbing I) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/12/118
Subject(s) Tarif Dasar Layanan
Activity-Based Costing
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2012
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...