Select Language  
Book's Detail
Pengaruh Manajemen Laba melalui Aktivitas Riil pada Initial Public Offering (IPO) terhadap Kinerja Perusahaan Pasca-IPO

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba melalui aktivitas riil pada Initial Public Offering (IPO) terhadap kinerja perusahaan pasca IPO. Model pengukuran manajemen laba yang digunakan adalah model Roychowdhury (2006), dengan manipulasi aktivitas riil berupa pengelolaan penjualan dan overproduction. Kinerja perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Cumulative Abnormal Return (CAR). Berdasarkan pemilihan sampel dengan metode purposive sampling, perusahaan yang menjadi sampel untuk pengelolaan penjualan berjumlah 15 perusahaan dan untuk overproduction juga sebanyak 15 perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik dan t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen laba dengan manipulasi aktivitas riil melalui pengelolaan penjualan pada periode menjelang IPO hanya berpengaruh negatif pada kinerja jangka pendek perusahaan, tidak untuk jangka panjang perusahaan. Melalui overproduction pada periode menjelang IPO, hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen laba dengan metode ini tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan pada semua periode pengamatan.

Key Words: Manipulasi Aktivitas Riil, Pengelolaan Penjualan, Overproduction, Kinerja Perusahaan, Cumulative Abnormal Return (CAR).

Statement of Responsibility Tugas Akhir ini adalah hasil karya saya sendiri, dan semua sumber baik yang dikutip maupun dirujuk telah saya nyatakan dengan benar
Author(s) Vera Wardyani (1081002039) - Personal Name
Tita Nurvita S.E. , M.M (Pembimbing I) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/12/112
Subject(s) Kinerja Perusahaan
Manajemen Laba
Initial Public Offering (IPO)
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2012
Specific Detail Info Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...