ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan adalah upaya untuk melakukan analisa terhadap kesiapan terhadap perubahan (change readiness) pada PT. Bakrie Swasakti Utama dengan melakukan strategi corporate entrepreneurship yang terfokus kepada dimensi atribut-atribut individu karyawan pada level menengah atau madyan diperusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perubahan yang dilakukan di perusahaan tersebut, mengidentifikasi kendala yang terjadi dalam proses pelaksanaan perubahan yang dilakukan di perusahaan, serta mengetahui atribut-atribut individu yang ditemukan terkait dengan dimensi positif kesiapan perubahan (berpartisipasi dan mempromosikan perubahan di PT. Bakrie Swasakti Utama). Penelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara langsung kepada narasumber yang menjadi subjek dalm penelitian ini. Adapun narasumber utama dalam penelitian ini berjumlah 3 (tiga) orang, yaitu karyawan PT. BSU yang berada di level madyan dan memiliki peran yang cukup penting dalam penerapan strategi perubahan ini. Teknik analisa data menggunakan line by line analysis. Hasil penelitian yang diperoleh memberikan gambaran mengenai perubahan yang dilakukan oleh PT. BSU, kendala yang dihadapinya, serta mengenai kesiapan perubahan (Change Readiness) pada individu yang tergambarkan melalui atribut-atribut di dalamnya, yaitu (a) Change Self Efficacy, (b) Discrepancy, (c) Personal Valance dan Organizational Valance, dan (d) Senior Leadership Support.
Kata Kunci: Perubahan Organisasi, Kesiapan Perubahan (Change Readiness), Corporate Entrepreneurship, PT. Bakrie Swasakti Utama
|