Select Language  
Book's Detail
REPRESENTASI WISATA ALTERNATIF DALAM FILM ADA APA DENGAN CINTA 2

Penulis melakukan pengamatan pada film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan kemudian melakukan penelitian terhadap isu wisata alternatif yang terdapat pada penggunaan latar belakang lokasi film tersebut. Penelitian ini ingin memahami representasi wisata alternatif yang menjadi latar dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah wisata alternatif direpresentasikan dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi wisata alternatif dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dengan menggunakan Teori representasi Stuart Hall dan Teori semiotika oleh Roland Barthes. Oleh karena itu, dalam rangka mendukung penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan objek nya adalah scene-scene dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 ini yang hanya menggunakan wisata alternatif pada latar tempatnya. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini terdapat makna denotasi yang bisa dilihat, yaitu film ini ingin munujukan kekentalan khas Yogyakarta didalam film ini dan juga ingin menyampaikan sisi lain atau tempat wisata lain yang dapat di kunjungi di kota Yogyakarta. Makna konotasi yang muncul yaitu film ini yang dianggap menggunakan lokasi wisata alternatif contohnya penggunaan lokasi Gereja ayam dan Istana Ratuboko padahal di Yogyakarta banyak lokasi-lokasi yang cukup sering digunakan untuk latar sebuah film seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Terakhir makna mitos yang muncul yaitu film ini membuktikan banyaknya tempat-tempat yang masyarakat lihat sebagai tempat wisata namun dalam film ini dibuktikan bahwa tempat-tempat tersebut memiliki unsur kebudayaan dan sejarah yang cukup kental.

Kata Kunci : Representasi, Wisata Alternatif, Film, Semiotika

Statement of Responsibility
Author(s) Mulia Putra Wirangga (1151903003) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/17/184
Subject(s) Mass Communication
Mass Media
Communication
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2017
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...