KOMUNIKASI KEMASAN ALBUM "KAMASUTRA" JULIA PEREZ: KAJIAN POLITIK REPRESENTASI | |
---|---|
Kemasan merupakan salah satu bagian dari produk yang dapat menarik perhatian konsumen. Tidak hanya sebatas digunakan sebagai pelindung suatu produk, tetapi kemasan juga sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran. Julia Perez merupakan selebriti Indonesia yang mengeluarkan album musik dangdut dengan tema “Kamasutra”. Penelitian ini berfokus pada kemasan album dengan menggunakan metode semiotika sosial Halliday. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami pesan dan ideologi kemasan album serta memahami politik representasi melalui pertarungan makna dan pesan dalam wacana kemasan album “Kamasutra Julia Perez”. Kemasan album “Kamasutra” Julia Perez ini memunculkan wacana- wacana terkait personal branding Jupe, album musik, brand sponsorship, dan brand social responsibility. Dari hasil penelitian menunjukkan berbagai wacana yang saling bertarung, di antaranya: wacana kecantikan, wacana glamoritas, wacana kapitalisme, dan wacana responsibility. Pada kemasan album tersebut tidak hanya merepresentasikan personal branding Jupe, tetapi juga merepresentasikan hal-hal lain yang dibentuk oleh pihak-pihak tertentu untuk menghasilkan keuntungan |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Dria Hapsari (1151903026) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-KOM/17/171 |
Subject(s) | Marketing communications Communication |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2017 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |