ETNOGRAFI KOMUNIKASI KOMUNITAS KONSUMEN PENYAYANG KUCING: STUDI PADA KOMUNITAS PECINTA KUCING JAKARTA (KPKJ) | |
---|---|
Komunikasi yang ada di dalam komunitas pecinta kucing tidak sesederhana seperti yang dilihat oleh orang-orang pada umumnya di mana komunikasi hanya fokus terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kucing. Hal ini pula yang terjadi pada salah satu komunitas pecinta kucing di Jakarta yang bernama Komunitas Pecinta Kucing Jakarta (KPKJ). Melalui perspektif etnografi komunikasi, fenomena komunikasi yang ada di Komunitas Pecinta Kucing Jakarta (KPKJ) dapat diketahui dengan jelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan (terjun langsung sebagai anggota KPKJ), wawancara mendalam, dan penelusuran obyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai macam fenomena komunikasi yang hadir di KPKJ, di antaranya seperti makna kucing yang dibagikan dan bahasa-bahasa istilah yang digunakan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan (terjun langsung sebagai anggota KPKJ), wawancara mendalam, dan penelusuran obyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai macam fenomena komunikasi yang hadir di KPKJ, di antaranya seperti makna kucing yang dibagikan dan bahasa-bahasa istilah yang digunakan. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | CITRA AYU INDAH PERMATASARI (1141923008) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-KOM/16/130 |
Subject(s) | Marketing communications Communication |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2016 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |