Select Language  
Book's Detail
STRATEGI MEDIA RELATIONS DALAM KAMPANYE "TOLAK JADI TARGET" OLEH SMOKE FREE AGENTS UNTUK MENGANGKAT ISU ANTI ROKOK BAGI REMAJA INDONESIA (STUDI KASUS MEDIA RELATIONS SFA PADA MEDIA DETIK.COM)

Smoke Free Agents adalah komunitas yang memiliki agenda untuk menciptakan Indonesia sehat tanpa asap rokok. Smoke Free Agents berusaha mengangkat isu tersebut ke dalam kampanye “Tolak Jadi Target” dengan tujuan agar pemerintah menegakkan peraturan untuk melindungi generasi muda dari bahaya rokok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui proses pengangkatan isu anti rokok bagi remaja dalam kampanye, strategi media relations yang dilakukan SFA, mengetahui bagaimana strategi media relations berdampak pada pemberitaan dan pembuatan kebijakan publik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SFA mampu menurunkan isu anti rokok bagi remaja dalam kampanye dan mengoptimalkan strategi media relations secara pendekatan formal maupun komunikasi personal untuk menyebarluaskan isu ke publik. Strategi media relations tersebut mendorong pemberitaan di media detikcom karena memiliki nilai berita dan kelayakan berita. Dari strategi komunikasi dan media relations SFA, salah satu pencapaian yang didapat adalah keluarnya kebijakan mengenai kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kata kunci: isu, media relations, aspek pemberitaan, kebijakan publik

Statement of Responsibility
Author(s) Nita Sari (1121003014) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/16/100
Subject(s) Communication
Corporate Communication
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2016
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...