Select Language  
Book's Detail
PENGGUNAAN BUSINESS INTELLIGENCE DENGAN PERANGKAT LUNAK TIBCO SPOTFIRE UNTUK ANALISA REDEEM POIN PELANGGAN (STUDI KASUS: PADA PT TELKOMSEL PERIODE JANUARI - SEPTEMBER 2016)

Pelanggan merupakan asset yang sangat berharga bagi perusahaan, begitu juga hal nya dengan PT.Telkomsel. Sebagai perusahaan Telekomunikasi dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia akan menjadi penting untuk menjaga retensi pelanggan terhadap produk-produk Telkomsel. Oleh karena itu dengan menciptakan sebuah program loyalty, diharapkan 152 juta pelanggan dapat merasakan reward atas kesetian mereka selama menjadi pelanggan Telkomsel. Maka dibangunlah sebuah program yaitu TelkomselPOIN. Jumlah transaksi redeem poin pada program TelkomselPOIN ini antara Januari 2016 hingga September 2016, ada 2.708.993 transaksi dari 51 branch di Indonesia, untuk 31 jenis program menggunakan 8 produk Telkomsel, yaitu SIMPATI, AS, AS FRESS, SIMPATI FREEDOM, HALO FIT, HALO HYBRID, HALO MYPLAN, dan LOOP. Dengan 2.708.993 transaksi ini diharapkan penggunaan business intelligence dianggap tepat digunakan dalam pengolahan data. Seperti yang diketahui penggunaan Business intelligence dikenal dapat menganalisis data yang sangat banyak dalam waktu relatif singkat, sehingga akan membantu pihak managemen perusahaan dalam menentukan kebijakan apa yang akan diambil berdasarkan kondisi perusahaannya, selama dinilai akan berdampak baik dalam membantu perusahaan terkait keputusan-keputusan strategis yang akan dibuat. Maka dalam penelitian ini dilakukanlah studi literatur secara deskriptif menggunakan metode business intelligence dengan perangkat lunak Tibco Spotfire sebagai media dashboard dari 2.708.993 transaksi redeem poin. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang daftar branch yang melakukan transaksi paling banyak dan paling sedikit, daftar program yang paling banyak dan paling sedikit diredeem serta brand apa yang dipakai untuk melakukan redeem tersebut. Informasi inilah yang diharapkan dapat membantu menggambarkan pemetaan transaksi redeem poin pelanggan Telkomsel berdasarkan branch, program dan brand untuk pengambilan keputusan-keputusan yang akan dibuat oleh para pengambil keputusan tentu dengan melibatkan informasi-informasi lain terkait strategi bisnis.

Kata Kunci : Retensi, loyalty, reward, redeem, business intelligence, Tibco Spotfire

Statement of Responsibility
Author(s) Rani Maisa Noviana (1151901007) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/17/568
Subject(s) Management
Decision Support System (DSS)
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2017
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...