PERANCANGAN STRATEGI BLUE OCEAN PRODUK KEFIR PERKUMPULAN KELOMPOK TANI KUNCEN FARM SEMARANG | |
---|---|
Persaingan pada produk home industry susu kambing (kefir) berada pada kondisi pasar red ocean karena sifatnya yang mudah ditiru. Dalam rangka membantu memberikan solusi, penelitian ini melakukan analisis permasalahan dan perancangan strategi Blue Ocean untuk membantu PKT Kuncen Farm meciptakan pasar baru yang bebas kompetisi. Pendekatan Strategi Blue Ocean membantu dalam menganalisi persaingan menggunakan kerangka kerja empat langkah yang digambarkan dalam Kanvas Strategi Blue Ocean, 6 prinsip Strategi Blue Ocean, dan pengujian ide blue ocean menggunakan BOS Idea Index. Dalam kerangka kerja 4 langkah, faktor yang dikurangi adalah harga, faktor yang ditingkatkan adalah kualitas, promosi serta bahan baku, faktor baru yang ditambahkan adalah variasi produk. Pada penerapan 6 prinsip strategi Blue Ocean, dihasilkan strategi baru yang dianggap paling sesuai. Sedangkan pada pengujian menggunakan BOS Idea Index diperoleh hasil strategi baru yang dibuat telah memiliki kelayakan sebagai strategi blue ocean. Secara ringkas, hasil akhir dari perancangan strategi yang dilakukan menyarankan penambahan kandungan/aroma buah-buahan pada susu kefir untuk menciptakan pasar yang baru di kalangan remaja/anak-muda. Penciptaan pasar yang baru ini diharapkan akan menambah pendapatan yang diperoleh. Implementasi strategi yang baru perlu memperhatikan faktor harga dan promosi agar dapat memastikan keberhasilannya. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Grafit Primarta (1121001040) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-MNJ/16/540 |
Subject(s) | Management Management Research Corporate Strategy New Product Development |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2016 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |