Select Language  
Book's Detail
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP WORD OF MOUTH (STUDI KASUS UBER MOBIL DI JAKARTA)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap word of mouth pada UBER Mobil di Jakarta. Variabel kualitas layanan menggunakan model khusus jasa transportasi P-TRANSQUAL yang memiliki 4 indikator yaitu kenyamanan, keberwujudan, faktor personal, dan kehandalan. Variabel kepuasan pelanggan 3 dimensi yaitu puas, keputusan yang tepat, dan pengalaman menggunakan layanan. Word of mouth memiliki 3 indikator yaitu say positive , recommend, dan encourage. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini disebarkan kepada 150 responden secara offline dan online yang merupakan pelanggan jasa transportasi online UBER Mobil di Jakarta. Data ini dikumpulkan dan diolah menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap word of mouth. Dan kemudian variabel kepuasan pelanggan terbukti memediasi hubungan antara kualitas layanan terhadap word of mouth. Hal ini dapat diartikan bahwa pelanggan yang merasakan kepuasan terhadap layanan Uber cenderung membentuk word of mouth yang menguntungkan perusahaan. Penulis merekomendasikan kepada perusahaan UBER untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pengemudi yang memiliki layanan yang buruk lalu diberikan pelatihan tentang kualitas layanan secara berkala kepada pengemudi agar layanan yang ditawarkan melebihi ekspetasi pelanggan

Statement of Responsibility
Author(s) Garlanda Bellamy Mazalio (1121001031) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/16/534
Subject(s) Branding (Marketing)
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2016
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...