Select Language  
Book's Detail
Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan terhadap Return Saham Perusahaan dengan Market Value Added sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2004 - 2009)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi return saham, yaitu kinerja keuangan perusahaan menggunakan Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Earnings per Share (EPS) dengan mempertimbangkan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui sejauh mana variabel Market Value Added (MVA) menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi para investor dalam pengambilan keputusan investasi sebelum mempertimbangkan kinerja keuangan perusahaan. Sampel penelitian ini berjumlah 745 perusahaan dalam industri manufaktur terdaftar di BEI periode 2004-2009 dengan melakukan pengujian adanya efek mediasi menggunakan tiga model yang diestimasi dan dievaluasi signifikansinya dengan pendekatan Maximum Likelihood. Penelitian ini menemukan bahwa tidak semua angka kinerja keuangan perusahaan dapat langsung digunakan dalam analisis keputusan investasi karena yang terbukti signifikan dapat digunakan secara langsung dalam analisis keputusan investasi adalah ukuran perusahaan. Sedangkan indikator kinerja keuangan, yaitu ROA, ROE, dan EPS terbukti harus dikaitkan terlebih dahulu dengan MVA dalam pengambilan keputusan investasi.

Kata kunci: ROA, ROE, EPS, ukuran perusahaan, return saham, MVA

Statement of Responsibility Tugas Akhir ini adalah hasil karya saya sendiri, dan semua sumber baik yang dikutip maupun dirujuk telah saya nyatakan dengan benar
Author(s) Palagan Rona Laksmi ( 1071002072) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/11/030
Subject(s) Return Saham Perusahaan
Market Value Added
Variabel Intervening
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2011
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...