Select Language  
Book's Detail
Perancangan Strategi Keberlanjutan Perusahaan Menggunakan Kerangka Analitik Corporate Social Responsibility - Responsible Med (Studi Kasus PT. Duta Bahari Menara Line Dockyard)

Tesis ini merupakan usulan penyelesaian masalah pada PT Dutabahari Menara Line Dockyard (PT DMLD), perusahaan galangan kapal di Banjarmasin yang sedang berkembang dan bersiap menghadapi persaingan global. Saat ini perusahaan tidak memiliki rancangan strategi dan alat ukur kinerja yang baik. Dalam merancang strategi bagi keberlanjutan perusahaan digunakan kerangka analitik dan perancangan strategi CSR Assessment Tool (CAT), Responsible-Med. CAT Responsible-Med (CAT-RM) membantu memetakan permasalahan, menganalisis, dan merancang strategi berdasarkan aspek utama keberlanjutan ISO 26000 Social Responsibility. Sumber data primer diperoleh dari survei sembilan narasumber yang memiliki kompetensi dalam menjawab dan memberikan gambaran lengkap kondisi perusahaan. Pemetaan permasalahan memberikan angka kinerja di lima aspek, yakni: (a) workplace 72,5%, (b) marketplace 50%, (c) community 52,5%, dan (d) environment 62,5%. CAT-RM menggunakan indikator daya saing (competitiveness) dan biaya (cost) dalam memberikan penilaian pada setiap pilihan aksi. Selanjutnya indikator tersebut akan dibandingkan untuk mendapatkan nilai prioritas dalam menetapkan strategi perusahaan. Tahapan terakhir CAT-RM adalah melakukan evaluasi dengan membandingkan kondisi periode 1 tahun sebelum dan sesudah pelaksanaan aksi yang direkomendasikan. Hasil berupa lima strategi keberlanjutan PT DMLD yang direkomendasikan oleh CAT-RM, yaitu: (i) melaksanakan konsep proses produksi, pasokan material, dan bisnis yang adil dan beretika, (ii) menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendidikan untuk pekerja; (iii) melaksanakan kebijakan kesejahteraan untuk pekerja; (iv) pemilihan kontraktor dan supplier dengan pedoman komitmen terhadap lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja, dan etika bisnis; dan (v) jaminan kesehatan dan keselamatan di area kerja PT DMLD.
Kata kunci:
Strategi keberlanjutan perusahaan, Corporate Social Responsibility, CSR Assessment Tool Responsible-Med, ISO 26000, Industri galangan kapal.

Statement of Responsibility
Author(s) Fidly Alamin (2131021004) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MM/15/002
Subject(s) Corporate Social Responsibility
Strategi keberlanjutan perusahaan
CSR Assessment Tool Responsible-Med
ISO 26000
Industri galangan kapal
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...