ANALISIS PEMILIHAN KRITERIA VENDOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) DI PT XYZ (STUDI KASUS PADA PROYEK X) | |
---|---|
PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang proyek. Dalam usaha memenuhi pengadaan material untuk fabrikasi terdapat beberapa masalah dalam pembeliannya, diantaranya adalah keterlambatan pengiriman material sehingga mengakibatkan proses produksi menjadi terlambat, kuantitas yang tidak sesuai dengan yang dipesan dan kualitas material yang dikirim tidak sesuai dengan standar perusahaan. Vendor merupakan hal penting yang erat hubungannya dengan proses pengadaan material, karena vendor yang akan menyuplai segala kebutuhan material yang dibutuhkan oleh proses fabrikasi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Analytical Network Process (ANP). Metode ini merupakan pengembangan dari metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ANP ini mampu mengakomodasi keterkaitan antar kriteria dan sub-kriteria. Dari penelitian ini, terdapat 5 kriteria dan 13 sub-kriteria. Berdasarkan pengolahan data diperoleh bobot untuk kriteria adalah: Kualitas 39,841%. Biaya 28,358%. Servis 14,617%. Sedangkan dari sub-kriteria adalah Sesuai Spesifikasi 16,438 %, Ketahanan 13,047% dan Harga dengan bobot 12,575% . |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Fariz Hidayat (1112003024) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/TIK-TIN/15/026 |
Subject(s) | Pengambilan Keputusan Analytical Network Process Pemilihan Kriteria Vendor |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2015 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |