Select Language  
Book's Detail
ANALISIS PEMILIHAN KRITERIA VENDOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) DI PT XYZ (STUDI KASUS PADA PROYEK X)

PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang proyek. Dalam usaha memenuhi pengadaan material untuk fabrikasi terdapat beberapa masalah dalam pembeliannya, diantaranya adalah keterlambatan pengiriman material sehingga mengakibatkan proses produksi menjadi terlambat, kuantitas yang tidak sesuai dengan yang dipesan dan kualitas material yang dikirim tidak sesuai dengan standar perusahaan. Vendor merupakan hal penting yang erat hubungannya dengan proses pengadaan material, karena vendor yang akan menyuplai segala kebutuhan material yang dibutuhkan oleh proses fabrikasi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Analytical Network Process (ANP). Metode ini merupakan pengembangan dari metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ANP ini mampu mengakomodasi keterkaitan antar kriteria dan sub-kriteria. Dari penelitian ini, terdapat 5 kriteria dan 13 sub-kriteria. Berdasarkan pengolahan data diperoleh bobot untuk kriteria adalah: Kualitas 39,841%. Biaya 28,358%. Servis 14,617%. Sedangkan dari sub-kriteria adalah Sesuai Spesifikasi 16,438 %, Ketahanan 13,047% dan Harga dengan bobot 12,575% .

Kata kunci: Pemilihan Kriteria Vendor, Pengambilan Keputusan, Analytical Network Process

Statement of Responsibility
Author(s) Fariz Hidayat (1112003024) - Personal Name
Edition
Call Number UB/TIK-TIN/15/026
Subject(s) Pengambilan Keputusan
Analytical Network Process
Pemilihan Kriteria Vendor
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...