Select Language  
Book's Detail
ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA PT UNITED TRACTORS TBK.)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan sebelum dan sesudah penerapan balanced scorecard pada PT United Tractors Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan balanced scorecard, pengukuran kinerja secara konvensional pada PT United Tractors Tbk hanya mengukur aspek keuangan saja, tidak memperhatikan kinerja perusahaan dari aspek non keuangan, seperti perspektif pelanggan dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Sedangkan dengan penerapan balanced scorecard, pengukuran kinerja perusahaan bersifat lebih komprehensif karena diukur berdasarkan empat perspektif yang digunakan sebagai tolok ukurnya, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Penerapan balanced scorecard dalam pengukuran kinerja perusahaan sudah cukup efektif karena dengan balanced scorecard kinerja perusahaan menjadi lebih baik dengan memperhatikan keseimbangan antara kinerja keuangan dan non keuangan serta pencapaian jangka panjang perusahaan. Hal ini terlihat dari laju pertumbuhan kinerja perusahaan sesudah penerapan balanced scorecard yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sebelum penerapan. Usulan tindakan perbaikan bagi pihak manajemen perusahaan agar dapat meningkatkan kinerjanya di masa mendatang adalah dengan menyempurnakan dan melengkapi indikator-indikator pengukuran kinerja agar dapat memberikan gambaran yang lebih detail dan menyeluruh mengenai kinerja perusahaannya.

Kata Kunci: Deskriptif Komparatif, Kinerja, Konvensional, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pertumbuhan & Pembelajaran.

Statement of Responsibility
Author(s) Tyara Yuliati (1112003011) - Personal Name
Edition
Call Number UB/TIK-TIN/15/015
Subject(s) kinerja
Balanced Scorecard
Deskriptif Komparatif
Konvensional
Perspektif keuangan
Pelanggan
Proses Bisnis Internal
Pertumbuhan dan Pembelajaran
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...