Select Language  
Book's Detail
KUANTIFIKASI MANFAAT ERP DENGAN PENDEKATAN RANTI GENERIC IS/IT BUSINESS VALUE, SYSTEM DYNAMICS DAN METRIK TI (STUDI KASUS IMPLEMENTASI ORACLE JD EDWARD ENTERPRISEONE DIVISI FINANCE DAN ACCOUNTING PT XYZ)

Tujuan dari implementasi Oracle JDEdwards EnterpriseOne pada divisi Finance dan Accounting menggantikan OpenEdge 6.00 adalah untuk meningkatkan kualitas laporan serta mempercepat proses pembuatan laporan. Implementasi Oracle JDEdwards EnterpriseOne membutuhkan biaya yang besar. Dengan besarnya investasi yang dikeluarkan oleh PT.XYZ maka penulis melakukan penelitian untuk menghitung manfaat yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan.

Tabel manfaat bisnis generik SI/TI yang dikembangkan oleh Benny Ranti digunakan untuk mengidentifikasi manfaat atau nilai investasi sedangkan System Dynamic digunakan untuk membangun model hubungan sebab akibat antar manfaat yang terpilih yang bertujuan untuk menentukan kelompok manfaat investasi yang digunakan untuk memudahkan dalam proses kuantifikasi. Hasil penelitian ini adalah teridentifikasi 4 kategori manfaat dengan 17 sub kategori yang memiliki manfaat yang relevan dan berpengaruh signifikan bagi PT. XYZ. Total penghitungan nilai manfaat sebesar Rp. 3.189.780.820 yang diperoleh dari proses kuantifikasi semua manfaat investasi Oracle JDEdwards EnterpriseOne yang teridentifikasi.

Kata kunci: Investasi, Manfaat bisnis, Oracle JDE, Ranti generic, system dynamic, Finance dan Accounting

Statement of Responsibility
Author(s) RizkyChandra (1112002002) - Personal Name
Edition
Call Number UB/TIK-SIF/15/015
Subject(s) investasi
Manfaat Bisnis
Oracle JDE
Ranti Generic
System dynamic
Finance dan Accounting
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...