Select Language  
Book's Detail
ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE COTTONINK MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN E-S-QUAL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA AKHIR (STUDI KASUS: PT DARJANTO SARWONO DESAIN)

Berkembangnya model-model online business, telah merubah budaya pembelian, dari cara yang konvensional menjadi lebih modern, yaitu online shopping. Cottonink merupakan salah satu perusahaan online shop yang memanfaatkan website yang beralamat di www.cottonink.co.id sebagai sarana yang mudah bagi pelanggan dalam berbelanja online. Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas layanan website Cottonink berdasarkan persepsi pengguna akhir yang diukur menggunakan metode WebQual 4.0 dan E-S-Qual, menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan website, dan mengetahui faktor-faktor kinerja penting apa saja yang harus ditingkatkan dalam memenuhi kepuasan para pengguna website tersebut. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif melalui uji validitas, uji reliabilitas, WebQual Index (WQI), Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel dan perangkat lunak IBM SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan, pada skala WebQual Index (WQI), nilai website Cottonink sebesar 0.80 berada dalam kualitas baik (semakin baik jika mendekati nilai 1.00). Pada diagram Kartesius berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA), terdapat enam atribut yang menjadi prioritas utama. Secara keseluruhan nilai rata-rata tingkat kepentingan adalah 3.28 dan nilai rata-rata kinerja adalah 3.14 dengan tingkat kesesuaian 95.7 persen. Berdasarkan hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 0.784 yang mana nilai tersebut berada pada interval nilai 0.66-0.80 yang berarti pelanggan “Puas” dengan layanan yang diberikan di website Cottonink.

Kata Kunci:Website, WebQual, WebQual Index (WQI), E-S-Qual, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfacion Index (CSI)

Statement of Responsibility
Author(s) SitiWulansari (1102002007) - Personal Name
Edition
Call Number UB/TIK-SIF/15/014
Subject(s) website
E-S-QUAL
WebQual
WebQual Index (WQI)
Importance Performance Analysis (IPA)
Customer Satisfacion Index (CSI)
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...