Select Language  
Book's Detail
MENJADI SELEBGRAM UNTUK MENJADI AKTOR: STRATEGI PEMEREKAN PERSONAL MARLO RANDY ERNESTO

Pemerekan atau branding saat ini bukan hanya dilakukan oleh sebuah perusahaan melainkan juga dilakukan oleh individu, yang dikenal sebagai pemerekan personal atau personal branding. Salah satu tokoh yang ‘berhasil’ dalam membangun merek personal adalah Selebgram atau Selebritis Instagram Marlo Randy Ernesto yang dikenal juga sebagai videogramer, di mana Selebgram ini merupakan fenomena baru. Menggunakan metode yang bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini bertujuan menelaah strategi pemerekan personal yang dilakukan oleh Marlo, serta cara Marlo memanfaatkan merek personal yang dimilikinya sebagai batu loncatan mewujudkan obsesinya menjadi aktor film. Informasi atau data dikumpulkan melalui e-observation atau observasi pada media daring, wawancara mendalam dengan narasumber, dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marlo berkembang dari ‘bukan siapa-siapa’ menjadi ‘siapa-siapa’ melalui proses selebrasi media sosial diawali menjadi youtuber, videogramer hingga aktor. Marlo memaksimalkan Instagram untuk membangun merek personal dirinya melalui cross-collaboration dan meraup ‘efek samping’ sebagai buzzer beberapa produk, sebelum memperoleh kesempatan membintangi sebuah film. Strategi ini dapat dikatakan sebagai ‘batu lompatan cerdik’ seorang Marlo untuk mencapai cita-citanya menjadi aktor.

Kata kunci: Selebgram, pemerekan personal, media sosial, videogramer, youtuber

Statement of Responsibility
Author(s) YulianiSafitri (1111003096) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/15/086
Subject(s) media sosial
selebgram
pemerekan personal
video gramer
yutuber
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...