Select Language  
Book's Detail
STRATEGI PENGELOLAAN TWITTER @PETAJKT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENANGANAN BENCANA

Sebagai area yang memfasilitasi percakapan, Twitter telah banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan, meliputi kebutuhan pribadi untuk terlibat di percakapan secara online, kebutuhan bisnis untuk terlibat secara langsung dengan konsumen, kebutuhan politik dalam berkampanye, sampai pada kebutuhan institusi dalam meningkatkan transparansi pada pelayanan publik. Akun @petajkt adalah salah satu akun twitter yang memanfaatkan twitter sebagai media komunikasi yang bersifat transparan dan menampung aspirasi publik terkait banjir, sehingga secara tidak langsung membantu Pemprov DKI Jakarta untuk menampilkan gambaran kinerja yang terus menerus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam upaya mengatasi banjir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan mengetahui bagaimana Pemprov DKI memanfaatkan twitter sebagai media komunikasi dan mengetahui bagaimana strategi pengelolaan twitter @petajkt dalam memanfaatkan twitter sebagai media transparansi publik. Strategi @petajkt yang menggunakan teknologi CogniCity dirasa mampu membuat masyarakat terlibat dalam upaya menangani banjir.
Teknologi CogniCity yang dapat mempercepat interaksi melalui deteksi hastag banjir dirasa sesuai mengingat karakteristik dari masyarakat Jakarta sendiri di media sosial twitter. Penelitian ini membuktikan bahwa strategi pengelolaan twitter @petajkt dengan mempertimbangkan bagaimana publik memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi mampu mengefektifkan transparansi yang berujung pada pelayanan publik yang efektif dan terpercaya. Strategi pengelolaan twitter @petajkt ini diharapkan dapat dijadikan panduan bagi organisasi dalam melakukan pengelolaan program yang menggunakan media sosial twitter sebagai media komunikasinya.

Kata kunci : Twitter, Model Komunikasi, Institusi, Strategi, Media Sosial, @petajkt

Statement of Responsibility
Author(s) FitriHandayani (1111003061) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/15/075
Subject(s) media sosial
Twitter
Model Komunikasi
Institusi
Strategi
@petajkt
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...