ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI MEREK UKM "DUO LANGIT" (PENDEKATAN BRANDERPRENEURSHIP FRAMING ANALYSIS) | |
---|---|
Melalui pendekatan Branderpreneurship Framing Analysis (BFA), penelitian ini menganalisis strategi pengembangan nilai merek sebuah UKM dari perspektif branderpreneurship. Branderpreneurship adalah kewirausahaan berbasis pengembangan dan komunikasi nilai merek. Merek UKM yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Duo Langit yaitu sebuah online shop yang menawarkan jasa percetakan kaos dengan desain yang berasal dari konsumen mereka (customized & personalized design). Elemen-elemen branderpreneurship digunakan untuk menganalisis strategi pengembangan nilai merek Duo Langit, yakni identifying values (mengidentifikasi), creating values (menciptakan), delivering/ distributing values (mendistribusikan), communicating values (mengomunikasikan), maintaining values (menjaga), evaluating values (mengevaluasi), dan updating values (memperbarui). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Duo Langit memiliki kekuatan dalam mengidentifikasi nilai merek berdasarkan market insight, consumer insight, dan brand insight. Duo Langit kreatif dalam mengomunikasikan nilai mereknya ke konsumen, juga memanfaatkan internet dan social media marketing dalam mendistribusikan nilai merek agar dapat berkembang di pasaran. Namun Duo Langit lemah dalam mengevaluasi nilai merek terkait kompetitor, juga belum mampu menghadirkan program loyalti dan komunitas untuk menjaga nilai merek. Padahal, dilihat dari keunggulan yang dimiliki pada beberapa elemen branderpreneurship, Duo Langit memiliki potensi yang besar untuk berkembang di pasaran, dan menjadi sebuah merek yang kuat di antara pesaingnya. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | AjengHarista (1111003052) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-KOM/15/069 |
Subject(s) | UKM Branderpreneurship BFA pemerekan pengembangan nilai merek Duo Langit |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2015 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |