STRATEGI KOMUNITAS MEREK DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA SAHABAT OMBUDSMAN DI WILAYAH KERJA OMBUDSMAN PERWAKILAN D.I. YOGYAKARTA) | |
---|---|
Komunitas merek secara umum digunakan dalam pemasaran komersil dan terbukti efektif dan efisien dalam usaha membangun merek. Keberadaanya kini tidak hanya diadopsi dalam pemasaran komersil saja, strategi komunitas merek pun mulai diterapkan dalam pemasaran sosial. Sekumpulan penerima dan pengadopsi ide dan perubahan perilaku yang saling terhubung dan konsisten untuk menerima dan mengadopsi perilaku yang ditawarkan oleh pemasar sosial dapat dikategorikan sebagaikomunitas merek. Sahabat Ombudsman merupakan salah satu bukti penerapan strategi komunitas merek dalam pemasaran sosial yang penulis teliti. Sahabat Ombudsman adalah sekumpulan pengadopsi dan pengguna ide dan perilaku yang di tawarkan Ombudsman untuk kritis, berani komplain dan mengadvokasi diri serta melapor Ombudsman ketika tidak mampu menyelesaikan masalah pelayanan publik yang dihadapi. Melalui penelitian kualitatif studi kasus dengan metode observasi (participant observer) dan wawancara mendalam pada pihak-pihak yang intens terlibat dalam Sahabat Ombudsman, penulis berusaha menggali data dan informasi mendalam bagaimana strategi Sahabat Ombudsman dalam pemasaran sosial diterapkan oleh Ombudsman Perwakilan D.I. Yogyakarta. Penelitian mengindikasikan bahwa Sahabat Ombudsman sebagai komunitas merek merupakan strategi yang diterapkan untuk mengatasi keterbatasan dan mengoptimalkan kampanye komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan Ombudsman Perwakilan D.I. Yogyakarta pada masyarakat. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | WildaNovayana (1111003025) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-KOM/15/051 |
Subject(s) | merek komunitas merek komunitas pemasaran sosia produk ide dan perubahan perilaku sahabat ombudsman |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2015 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |