Select Language  
Book's Detail
PENGARUH IKLAN INDOSAT "LIBURAN KE AUSSIE LEBIH MUDAH DIBANDING KE BEKASI" TERHADAP CITRA INDOSAT DALAM PERSPEKTIF ELABORATION LIKELIHOOD MODEL

Iklan tidak hanya bermanfaat untuk memengaruhi sikap pembelian, namun juga sebagai manajemen citra. Indosat meluncurkan sebuah iklan dengan tagline “Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi” pada bulan Desember 2014. Kehadiran iklan tersebut ternyata menimbulkan banyak diskusi dan pemberitaan di media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan berpengaruh terhadap citra organisasi. Berlandaskan pada Elaboration Likelihood Model (ELM), penelitian ini menggunakan konstruk tagline iklan dan suara mayoritas di media online untuk mencari tahu pengaruh iklan tersebut terhadap citra Indosat. Secara lebih lanjut, penelitian ini juga mencari tahu perbedaan persepsi antar kelompok responden berdasarkan domisili, status penggunaan Indosat, dan tingkat semester pendidikan terhadap penerimaan kedua konstruk ELM. Enam hipotesis divalidasi menggunakan uji regresi linier berganda dan ragam varian (One Way ANOVA) pada 625 responden yang merupakan mahasiswa di perguruan tinggi Jakarta. Berdasarkan uji t, tagline iklan dan suara mayoritas di media online memiliki pengaruh signifikan, yaitu di bawah 0.1. Selain itu, uji One Way ANOVA menghasilkan fakta bahwa terdapat perbedaan persepsi antar kelompok responden berdasarkan domisili, tidak terdapat perbedaan persepsi berdasarkan status penggunaan Indosat, dan terdapat perbedaan persepsi berdasarkan tingkat semester pendidikan terhadap tagline iklan, namun tidak terdapat perbedaan persepsi terhadap suara mayoritas di media online.

Kata kunci:elaboration likelihood model, citra organisasi, tagline iklan, suara mayoritas, media Online

Statement of Responsibility
Author(s) AbdulAziz (1111003017) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/15/045
Subject(s) Media Online
elaboration likelihood model
citra organisasi
tagline iklan
suara mayoritas
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...