Select Language  
Book's Detail
STRATEGI KONVERGENSI MEDIA CETAK KE MEDIA ONLINE (STUDI PADA PERUBAHAN PLATFORM THE STUDENT GLOBE)

Perkembangan teknologi internet telah menimbulkan perubahan dan perkembangan dalam dunia komunikasi massa. Karena internet, muncullah media baru atau new media. Kemunculan media baru tersebut mengubah cara masyarakat mendapatkan informasi melalui media. Awalnya, masyarakat mendapatkan informasi dan berita melalui media lama, seperti surat kabar, majalah, atau televisi. Namun setelah berkembangnya media baru, masyarakat juga mendapatkan informasi melalui media online yang dianggap lebih mudah diakses dan bersifat real time. Media lama pun akhirnya lama kelamaan mulai ditinggalkan, khususnya media cetak seperti surat kabar dan majalah. Untuk dapat terus berkompetisi sebagai sumber informasi masyarakat, media cetak pun melakukan inovasi dengan cara berkonvergensi. Konvergensi adalah penggabungan dari beberapa jenis media dan hadir dalam bentuk digital. Salah satu majalah yang melakukan konvergensi media dari media cetak berbentuk ke media online berbentuk website adalah The Student Globe. Penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi konvergensi media yang dilakukan oleh The Student Globe dalam mengubah platform dari majalah ke website. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan narasumber, observasi partisipasi, dan observasi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan jika The Student Globe telah berhasil dalam melakukan konvergensi media.

Kata kunci: media konvensional, media baru, konvergensi media, perubahan platform media

Statement of Responsibility
Author(s) NaviaIzzati (1111003012) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/15/042
Subject(s) media konvensional
media baru
konvergensi media
perubahan platform media
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...