ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MITOS BATU AKIK PADA MEDIA ONLINE DETIKCOM DAN REPUBLIKA ONLINE | |
---|---|
Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia dihadapkan dengan fenomena booming-nya batu akik. Media pun tak mau ketinggalan untuk berlomba-lomba menyajikan berita mengenai batu akik. Informasi mengenai batu akik pun kerap kali dikaitkan dengan mitos-mitos kekuatan yang ada di dalamnya. Beberapa media yang memberitakan batu akik yakni Detikcom dan Republika Online, namun kedua media tersebut memiliki pandangan yang berbeda dalam membingkai berita mengenai mitos batu akik. Atas dasar itulah penulis tertarik untuk meneliti bagaimana Detikcom dan Republika Online membingkai berita mitos batu akik, faktor apa saja yang mempengaruhi pembingkaian tersebut, dan bagaimana Detikcom dan Republika Online mengkonstruksi realitas di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Kosicki. Hasil penelitian ini adalah Detikcom dan Republika Online memiliki bingkai yang berbeda dalam memberitakan mitos batu akik. Detikcom berusaha membangun realitas bahwa batu akik memang memiliki kekuatan-kekuatan tertentu dan menarik untuk disimak. Sedangkan Republika Online mengemas berita tentang mitos-mitos batu akik berdasarkan sudut pandang tokoh agama. Dimana penggunaan batu akik dengan mempercayai kekuatan-kekuatan di dalam batu akik itu dilarang. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | NadiaNurIsfiana (1111003008) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-KOM/15/039 |
Subject(s) | Mitos Analisis Framing Batu Akik Detikcom Republika Online |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2015 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |