Select Language  
Book's Detail
STUDI RESEPSI KHALAYAK KONSUMEN TERHADAP PESAN PERINGATAN BAHAYA MEROKOK DALAM IKLAN DAN KEMASAN ROKOK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya beberapa jenis peringatan bahaya merokok berupa gambar menyeramkan yang hadir dalam iklan dan kemasan rokok terbaru. Beberapa di antaranya adalah gambar kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker mulut, dan bahkan ada salah satu gambar yang menghadirkan bayi dalam kemasan rokok. Penelitian ini bertujuan untuk memahami resepsi perokok terhadap pesan peringatan bahaya merokok dalam iklan maupun kemasan produk rokok, serta memahami peran wacana sosial dan media yang memengaruhinya. Menggunakan pendekatan studi resepsi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan penelusuran dokumen, peneliti menemukan bahwa gambar peringatan bahaya merokok yang ada dalam iklan dan kemasan dimaknai berbeda oleh khalayak konsumen yang merupakan perokok aktif. Meskipun informan memaknai berbeda, namun mereka meresepsinya dengan gaya sama yakni negotiated code. Wacana keluarga dan media sangat berperan sebagai referensi resepsi, sementara pedagang ikut berperan dalam mengurangi efek seram pada iklan dan kemasan produk rokok dengan menutupi gambar peringatan tersebut.

Kata kunci: Studi Resepsi, Khalayak Konsumen, Pesan Peringatan, Makna, Iklan dan Kemasan Rokok

Statement of Responsibility
Author(s) AtarrahimIqbalPutreaRiyadi (1101003044) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/15/034
Subject(s) studi resepsi
khalayak konsumen
makna
iklan dan kemasan
iklan dan kemasan rokok
pesan peringatan
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...