Select Language  
Book's Detail
EVALUASI REALISASI PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP APBD-P (STUDI KASUS KOTA BANDAR LAMPUNG PERIODE 2012-2014)

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu komponen penting dalam pemerintahan suatu daerah karena dana yang berasal dari pendapatan asli daerah akan digunakan oleh pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan pemerintah maupun kebutuhan masyarakat. PAD juga digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana untuk kemajuan daerah dan digunakan untuk menunjang kegiatan positif masyarakat. Salah satu instrumen PAD adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dimana ingin diketahui apakah PBB memiliki pengaruh kontribusi yang cukup signifikan terhadap penerimaan PAD. Penelitian ini berfokus pada potensi penerimaan PAD dan PBB Pemerintah Kota Bandar Lampung selama periode anggaran 2012 – 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode analisis data kualitatif.

Kota Bandar Lampung memiliki potensi penerimaan PAD dan PBB yang cukup beragam. Pajak hotel, restoran, hiburan, dan parkir menjadi instrumen lain dalam pajak daerah yang menjadi penyumbang terbesar dalam penerimaan PAD. Jumlah wajib pajak yang cukup besar di Bandar Lampung juga seharusnya menjadi sumber penerimaan PBB yang dapat diandalkan.

Berdasarkan potensi PAD dan PBB yang dimiliki oleh Kota Bandar Lampung, Pemerintah Kota Bandar Lampung akan menetapkan APBD-P yang ingin dicapai dan nanti pada akhir periode anggaran akan dilihat realisasinya. Berdasarkan data yang dimiliki akan dilihat persentase keberhasilan pencapaian penerimaan PAD dan PBB dan akan dianalisis penyebab keberhasilan maupun kegagalan pencapaian target penerimaan PAD dan PBB.

Kata kunci: Pendapatan Asli Daerah, Pajak Bumi dan Bangunan, APBD-P

Statement of Responsibility
Author(s) AdeYudistia (1131922008) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/388
Subject(s) Pendapatan Asli Daerah
Pajak Bumi dan Bangunan
APBD-P
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...