Select Language  
Book's Detail
ANALISIS PENILAIAN BIOLOGICAL ASSET BERDASARKAN INTERNATIONAL ACCOUNTING STANDARD 41 AGRICULTURE PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (STUDI KASUS SIPEF GROUP TAHUN 2006-2013)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan nilai total biological asset, nilai total pendapatan, dan nilai total laba bila dinilai dengan menggunakan pendekatan fair value dan pendekatan historical cost, serta menganalisis kecenderungan income smoothing indeks yang lebih besar pada penerapan pendekatan fair value dibandingkan menggunakan pendekatan historical cost.

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan Société Internationale de Plantations et de Finance yang bergerak di bidang agrikultur selama jangka waktu delapan tahun yaitu dari tahun 2006 sampai dengan 2013. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan time series.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai total biological asset, nilai total pendapatan, nilai total laba apabila menggunakan pendekatan fair value, selain itu menunjukkan bahwa penerapan pendekatan fair value memiliki income smoothing indeks yang lebih besar dibandingkan menggunakan historical cost. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan fair value yang disyaratkan dalam IAS 41 bagi perusahaan agrikultur dapat memberi dampak perbedaan nilai total biological asset, nilai total pendapatan, dan nilai total laba. Selain itu penerapan metode fair value mengindikasikan bahwa peluang income smoothing lebih besar daripada metode historical cost.

Kata Kunci : IAS 41, biological asset, pendapatan, laba, fair value, historical cost, income smoothing

Statement of Responsibility
Author(s) MartinGibsonBarasa (1131922002) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/384
Subject(s) IAS 41
biological asset
pendapatan
laba
fair value
historical cost
income smoothing
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...