Select Language  
Book's Detail
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN (STUDI EMPIRIS: PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2013)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris adanya pengaruh ukuran perusahaan, variabilitas persediaan, intensitas persediaan, margin laba kotor, variabilitas laba akuntansi, variabilitas harga pokok penjualan, financial leverage, likuiditas dan struktur kepemilikan terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Sampel dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia selama tahun 2011-2013 dengan ketentuan secara konsisten selama periode pengamatan menggunakan satu metode akuntansi persediaan yaitu FIFO atau rata-rata dan tidak mengalami delisting serta tidak mengalami kerugian selama tahun pengamatan. Penelitian ini menggunakan metode perposive sampling untuk menentukan sampel. Terdapat 64 perusahaan yang memenuhi kriteria, 9 perusahaan menggunakan FIFO dan 55 perusahaan menggunakan rata-rata tertimbang. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas dan uji hipotesis menggunakan regresi logistik metode enter dengan signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel independen tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Hal ini dapat disebabkan karena keputusan manajemen sangat berperan penting dalam pemilihan metode ini, inflasi yang menyebabkan pemilihan metode akuntansi lebih berdasarkan perubahan harga daripada jenis dari metode tersebut dan proporsi jumlah perusahaan pengguna metode rata-rata sangat banyak dibandingkan metode FIFO.

Kata Kunci:Ukuran Perusahaan, Variabilitas Persediaan, Intensitas Persediaan, Margin Laba Kotor, Variabilitas Laba Akuntansi, Variabilitas Harga Pokok Penjualan, Financial Leverage, Likuiditas, Struktur Kepemilikan, Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan

Statement of Responsibility
Author(s) AlphaAdhiguna (1111002083) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/382
Subject(s) Financial Leverage
ukuran perusahaan
Likuiditas
Variabilitas Persediaan
Intensitas Persediaan
Margin Laba Kotor
Variabilitas Laba Akuntansi
Variabilitas Harga Pokok Penjualan
Struktur Kepemilikan
Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...