Select Language  
Book's Detail
KINERJA PT SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO) DIBANDINGKAN DENGAN GINNIE MAE MENGGUNAKAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) tidak terlepas dari usaha dalam mencapai visi misinya juga bertujuan untuk memperoleh keuntungan dalam menghasilkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan keuangan. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) merupakan perseroan baru dan merupakan satu-satunya perseroan yang ada dalam bidang pembiayaan sekunder perumahan di Indonesia sehingga sangat penting dalam melakukan analisis laporan keuangan dalam hal menilai kinerja perseroan tersebut. Selain PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) di Indonesia, terdapat perseroan yang bergerak di bidang yang sama di luar Indonesia yaitu Ginnie Mae yang beroperasi di Amerika yang juga dimiliki oleh Pemerintah Amerika.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) yang dibandingkan dengan Ginnie Mae yang merupakan perusahaan pembiayaan sekunder perumahan pertama. Populasi penelitian ini adalah PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) dan Ginnie Mae pada periode 2009-2013. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan berdasarkan rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan rasio solvabilitas Ginnie Mae Masih lebih unggul dibandingkan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) baik dari segi angka rasio ataupun pergerakan dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut dikarenakan Ginnie Mae yang sudah memiliki sumber pendanaan sendiri yang mampu mencukupi kebutuhan perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional. Sedangkan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) merupakan perusahaan baru dan merupakan satu-satunya di industrinya dalam Indonesia sehingga masih membutuhkan modal untuk pengembangan perseroan dan untuk kegiatan operasional perseroan. Oleh karena itu PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) masih mengandalkan permodalan dari luar perseroan, namun tetap berusaha meningkatkan permodalan dari dalam perseroan sendiri.

Kata Kunci:Laporan Keuangan, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Analisis Laporan Keuangan

Statement of Responsibility
Author(s) YusufAndrymanEkaputra (1111002074) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/380
Subject(s) Profitabilitas
Likuiditas
Solvabilitas
analisis laporan
Analisis Laporan Keuangan
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...