Select Language  
Book's Detail
ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX TERHADAP PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2014)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan tata kelola perusahaan yang baik terhadap kinerja keuangan perusahaan. pada periode 2011-2014. Hasil pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang dilakukan oleh The Indonesian Institute of Corporate Governance (IICG) digunakan untuk mengukur penerapan tata kelola perusahaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan mengikuti program CGPI. Terkumpul jumlah sampel dari tahun 2011 hingga 2014 sebanyak 38 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji bahwa CGPI berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan tingkat profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa CGPI berpengaruh positif terhadap profitabilitas karena diduga kinerja manajemen yang baik meningkatkan efisiensi biaya dan menghasilkan laba yang lebih besar. Sementara itu, hasil penelitian tidak berpengaruh terhadap likuiditas dan solvabilitas perusahaan diduga karena nilai tukar Rupiah yang semakin melemah tidak dapat dikendalikan oleh tata kelola perusahaan dan membuat nilai utang luar negeri perusahaan membesar.

Kata Kunci: Corporate Governance Perception Index, Kinerja Keuangan, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas

Statement of Responsibility
Author(s) ArdiniMeilitasari (1111002050) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/371
Subject(s) Kinerja Keuangan
Profitabilitas
Corporate Governance Perception Index
Likuiditas
Solvabilitas
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...