Select Language  
Book's Detail
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI AUDITOR SWITCHING DI INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2013)

Isu independensi auditor disatu sisi menempati posisi sentral dalam literatur pengauditan. Namun di sisi lain, isu ini juga yang paling sering memicu perdebatan mengenai rotasi auditor. Rotasi auditor ini terkait dengan tindakan perusahaan untuk melakukan auditor switching. Beberapa penelitian terdahulu tentang auditor switching menunjukkan hasil yang berbeda – beda. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian ulang untuk mencoba memverifikasi teori tentang auditor switching. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang memengaruhi auditor switching di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2008 – 2013. Variabel penelitian yang digunakan adalah opini audit (OPINI), tingkat pertumbuhan laba perusahaan (GC), kualitas audit (QUALITY), ukuran KAP (KAP), pergantian manajemen (CEO) dan auditor switching (SWITCH). Jumlah perusahaan manufaktur yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 30 perusahaan dengan pengamatan selama enam tahun. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling menghasilkan total sampel sebanyak 180 perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan aplikasi program SPSS 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini audit memberikan pengaruh signifikan terhadap auditor switching. Sedangkan variabel independen lainnya yaitu tingkat pertumbuhan laba perusahaan, kualitas audit, ukuran KAP dan pergantian manajemen tidak menunjukkan pengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan auditor switching.

Kata kunci: Auditor switching, opini audit, tingkat pertumbuhan laba perusahaan, kualitas audit, ukuran KAP dan pergantian manajemen.

Statement of Responsibility
Author(s) OkiAbiUtomo (1111002035) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/364
Subject(s) kualitas audit
Auditor switching
ukuran KAP
opini audit
tingkat pertumbuhan laba perusahaan
pergantian manajemen.
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...