Select Language  
Book's Detail
PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2013)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Intellectual Capital terhadap kinerja perusahaan sektor keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Intellctual Capital dalam penelitian ini menggunakan model Pulic (Value Added Intellectual Capital – VAICTM) yang mengukur tiga komponen Intellectual Capital, yaitu capital employed, human capital dan structural capital, serta Tingkat Pertumbuhan Intellctual Capital (ROGIC). Kinerja perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Sampel dipilih dengan metode purposive sampling setiap tahun selama tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 sehingga diperoleh 153 sampel. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capital employed terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan yang diproksikan oleh ROE, namun tidak berpengaruh terhadap NPM. Human capital terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, baik ROE maupun NPM. Structural capital juga terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan, ROGIC terbukti tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Pengungkapan Intellectual Capital yang masih rendah dan belum adanya standar terkait pengukuran dan pengungkapan Intellectual Capital di Indonesia menyebabkan masyarakat atau investor belum mampu membuat penilaian yang tepat atas ROGIC.

Kata Kunci: Intellectual Capital, Value Added Intellectual Capital (VAICTM), Capital Employed, Human Capital, Structural Capital, Rate of Growth of Intellctual Capital (ROGIC). Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM).

Statement of Responsibility
Author(s) AndikaYosSudarso (1111002009) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/360
Subject(s) Return on Equity (ROE)
Net Profit Margin (NPM)
Intellectual Capital
Value Added Intellectual Capital (VAICTM)
Capital Employed
Human Capital
Structural Capital
Rate of Growth of Intellctual Capital (ROGIC)
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...