Select Language  
Book's Detail
RENCANA BISNIS KEDAI KOPI BELLYKUPI

Penulisan rencana bisnis ini ditujukan untuk memberikan uraian peluang pengembangan bisnis Kedai Kopi Bellykupi serta dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Uraian meliputi segi produk, pemasaran, operasional, dan keuangan. Gagasan pendirian usaha diawalai dari dari adanya minat yang tinggi di kalangan mahasiswa dan karyawan kantor di sekitar kawasan Rasuna-Epicentrum (Kampus Universitas Bakrie). Gagasan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan studi kelayakan yang dilakukan dengan sekaligus menjalankan aktivitas bisnis kedai kopi Bellykupi di pusat jajan/makan UKM GOR Sumantri Brojonegoro sejak bulan Oktober tahun 2014. Kedai Kopi Bellykupi ini didirikan oleh Nicky Octavia Wijaya dan Ibnu Sofyan, mahasiswa Universitas Bakrie. Keunggulan yang ditonjolkan oleh Kedai Kopi ini adalah pada 3 hal, yakni: cara penyeduhan kopi secara manual (manual brewing), penggunaan jenis kopi lokal Indonesia (Nusantara), dan harga yang relatif murah/terjangkau bagi target pasar. Selama tahap awal (uji-coba), Bellykupi mendapat bimbingan dan bantuan modal dari Inkubator Bisnis Universitas Bakrie (UBPreneur).Analisis usaha dilakukan dengan menggunakan perangkat analitik operasional dan pemasaran, antara lain: analisis target pasar STP,business model canvas, analisis SWOT, analisis kelayakan, dan analisi strategi marketing mix. Analisis keuangan menggunakan data awal operasi Bellykupi menunjukkan bahwa pengembalian modal (payback period) dapat dicapai pada bulan ke 6 (0,5 tahun) dengan break event point (BEP) operasional dicapai dengan pendapatan penjualan sebesar Rp 9.570.000,- per bulan atau penjualan sebanyak 435 produk per bulan. Analisis dilakukan juga untuk proyeksi keuangan selama 5 tahun dan asumsi pertumbuhan penjualan sebesar 30% per tahun. Guna meningkatkan usaha, Bellykupi telah memindahkan lokasi kedai kopi ke Cipinang, Jakarta Timur. Dari perencanaan usaha ini terlihat bahwa usaha Kedai Kopi Bellykupi memiliki prospek yang baik dan layak untuk dikembangkan.

Kata kunci: Kedai Kopi Bellykupi, Perencanaan Bisnis, Manual Brewing, Kopi Nusantara.

Statement of Responsibility
Author(s) NickyOctaviaWijaya (1111001058) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/15/473
Subject(s) Kedai Kopi Bellykupi
Perencanaan Bisnis
Manual Brewing
Kopi Nusantara
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...