Select Language  
Book's Detail
PERANAN AUDITOR INTERNAL DALAM PENERAPAN SARBANES OXLEY ACT SECTION 404 PADA PT TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA (PT TMMIN)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas peran internal auditor dalam melaksanakan pengendalian internal sesuai dengan aturan Sarbanes Oxley Act section 404. Sarbanes Oxley Act section 404 berisi tentang penilaian laporan pengendalian internal yang memaparkan hasil pengujian yang dilakukan oleh auditor internal perusahaan dalam rangka memastikan keefektifan pengendalian internal perusahaan atas pelaporan keuangan. Penelitian ini dilakukan pada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT. TMMIN) di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan model studi kasus. Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan auditor internal, observasi penulis selama 6 bulan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa auditor internal berperan penting dalam membangun dan mempertahankan struktur pengendalian internal perusahaan dengan mengacu pada lima komponen dari Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO). Auditor internal juga berperan dalam memastikan kepatuhan business process owner (BPO) atas aturan Sarbanes Oxley Act section 404. Penerapan aturan Sarbanes Oxley Act section 404 memberikan manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk membangun dan mempertahankan pengendalian internal perusahaan atas pelaporan keuangan.

Kata kunci: Sarbanes Oxley Action section 404, komponen Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO), auditor internal.

Statement of Responsibility
Author(s) A.M. Zulkarnaen Eka Putra (1111002085) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/352
Subject(s) Sarbanes Oxley Action section 404
komponen Committee of Sponsoring Organization of T
auditor internal
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...