Select Language  
Book's Detail
PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2013)

Tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan laba tidak bisa terlepas dari kinerja keuangan perusahaan yang tercermin dalam rasio-rasio keuangan. Dengan tingkat laba yang memadai, menjamin pendapatan untuk para kreditor dan pemegang saham. Semakin besar tingkat laba, maka akan menambah kepercayaan pihak stakeholders. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh Rasio Keuangan (Current Ratio, Debt to Equity ratio, Debt to Assets ratio, Total Asset Turnover, Inventory Turnover, dan Return on Asset) terhadap pertumbuhan laba. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2013. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan yang diukur dengan Current Ratio, Debt to Equity ratio, Debt to Assets rato, Total Asset Turnover, Inventory Turnover, dan Return on Asset memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Secara parsial, hanya variabel Total Assets Turnover yang berpengaruh terhadap pertumbuhan laba, sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Pada uji determinasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 17,7%, yang artinya sebanyak 82,3% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini. Dalam melakukan analisis laporan keuangan, selain melihat perkembangan rasio keuangan perusahaan, para pemakai laporan keuangan juga harus memperhatikan faktor-faktor lain seperti inflasi, nilai rupiah, dan tingkat suku bunga yang ikut mempengaruhi pertumbuhan laba perusahaan.

Kata kunci :Current Ratio, Debt to Equity ratio, Debt to Assets rato, Total Asset Turnover, Inventory Turnover, Return on Asset, dan Pertumbuhan Laba

Statement of Responsibility
Author(s) Shella Fadela (1111002049) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/342
Subject(s) Return on Asset
Debt to equity ratio
Current Ratio
Debt to Assets rato
Total Asset Turnover
Inventory Turnover
Pertumbuhan Laba
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...