Select Language  
Book's Detail
ANALISIS PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2013)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme Good Corporate Governance dan kebijakan dividen terhadap manajemen laba. Populasi penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI pada periode 2011-2013. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling setiap tahun selama tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 sehingga diperoleh 51 sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis (uji F statistic, uji t-statistic dan uji Koefisien Determinasi (R2)) dengan menggunakan program SPSS 20.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen dan kebijakan dividen secara parsial berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran komite audit dan frekuensi rapat dewan komisaris secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Penelitian ini juga meneliti pengaruh simultan dari Good Corporate Governance dan kebijakan dividen terhadap manajemen laba. Hal ini menunjukkan bahwa mekanisme Good Corporate Governance dan kebijakan dividen dapat secara simultan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kebijakan Dividen, Manajemen Laba

Statement of Responsibility
Author(s) Yovie Yuriska Indra Cahya (1111002028) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/335
Subject(s) Manajemen Laba
GOOD CORPORATE GOVERNANCE
Kebijakan Dividen
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...