Select Language  
Book's Detail
PERAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH KECAKAPAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2013)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecakapan manajerial terhadap manajemen laba, dan menguji pengaruh mekanisme corporate governance sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan antara kecakapan manajerial terhadap manajemen laba pada perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011 s.d. 2013. Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan industri manufaktur sebanyak 233 perusahaan. Variabel independen, kecakapan manajerial diukur menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) yang dikembangkan oleh Demerjian et al. (2006). Variabel dependen, manajemen laba diproksikan sebagai discretionary revenue sesuai dengan model yang dikembangkan oleh Stubben (2010). Variabel moderating diproksikan pada kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan Moderated Regression Analysis (MRA) atau uji interaksi. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa kecakapan manajerial tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen mampu memoderasi pengaruh kecakapan manajerial terhadap manajemen laba. Sementara mekanisme corporate governance lainnya, yaitu kepemilikan manajerial, komite audit, dan kualitas audit tidak mampu memoderasi pengaruh kecakapan manajerial terhadap praktik manajemen laba.

Kata kunci: kecakapan manajerial, data envelopment analysis, manajemen laba, discretionary revenue, corporate governance, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris independen, ukuran komite audit, kualitas audit

Statement of Responsibility
Author(s) Satya Novi Hastuti (1111002027) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/334
Subject(s) corporate governance
Manajemen Laba
Kepemilikan Manajerial
kecakapan manajerial
data envelopment analysis
discretionary revenue
kepemilikan institusional
ukuran dewan komisaris independen
ukuran komite audit
kualitas audit
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...