Select Language  
Book's Detail
PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN FREKUENSI RAPAT DEWAN KOMISARIS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2013)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh secara simultan dan parsial profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan frekuensi rapat dewan komisaris terhadap nilai perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Variabel bebas meliputi: profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Assets (ROA), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan frekuensi rapat dewan komisaris. Variabel terikat yaitu nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’s Q. Total sampel adalah 30 sampel dari perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa secara simultan profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan frekuensi rapat dewan komisaris memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Sementara itu secara parsial, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan frekuensi rapat dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya peningkatan profitabilitas perusahaan dapat menyebabkan terjadinya peningkatan pada nilai perusahaan.

Kata kunci: profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, frekuensi rapat dewan komisaris, nilai perusahaan.

Statement of Responsibility
Author(s) Asteria Widhiyana Ayu Savitri (1111002025) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/333
Subject(s) Profitabilitas
nilai perusahaan
Kepemilikan Manajerial
kepemilikan institusional
Frekuensi Rapat Dewan Komisaris
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...