Select Language  
Book's Detail
ANALISIS PENERAPAN BUDGET MANAGEMENT SYSTEM ATAS EFISIENSI REALISASI ANGGARAN DI PT TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem anggaran Budget Management System (BMS) yang diciptakan oleh PT. TMMIN. Penelitian ini membahas mengenai penerapan BMS dalam pengendalian anggaran dan perananya dalam membantu mencapai efisiensi realisasi anggaran di PT. TMMIN.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa konsep-konsep anggaran yang berlaku di perusahaan, kebijakan-kebijakan yang mendukung berjalannya anggaran, dan alur proses anggaran di PT. TMMIN. Sedangkan data kuantitatif merupakan data yang berupa angka-angka, seperti data master budget dan laporan realisasi anggaran setiap divisi di PT. TMMIN.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dokumentasi yakni melakukan analisis dokumen resmi perusahaan melalui riset arsip proses anggaran perusahaan dan BMS policy. Observasi dilakukan dengan mengamati proses kerja BMS, sedangkan wawancara dilakukan secara langsung kepada pihak pembuat BMS dan departemen pengendalian anggaran yang mengoperasikan sistem tersebut. Penelitian ini didukung dengan analisis rasio efisiensi atas kategori anggaran Expense, Investment, Low Value Asset (LVA) dan Project dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2013.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui analisis, interpretasi data, dan perhitungan rasio efisiensi, dapat disimpulkan bahwa peranan BMS telah membantu dalam efesiensi realisasi anggaran di PT. TMMIN. Proses persetujuan dan pengendalian anggaran di PT. TMMIN sudah berjalan dengan baik.

Kata kunci: Penerapan Sistem Anggaran, Budget Management Sistem, Efisiensi,
Realisasi Anggaran.

Statement of Responsibility
Author(s) Marini (1111002021) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/332
Subject(s) Penerapan Sistem Anggaran
Budget Management Sistem
Efisiensi
Realisasi Anggaran
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...