Select Language  
Book's Detail
PENGARUH CAR, LDR, BOPO, INFLASI DAN GDP TERHADAP NPL (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2013)

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Debt Ratio (LDR), Biaya Operasional (BOPO), Inflasi dan Gross Domestic Product (GDP) terhadap Non Performing Loan (NPL). Populasi penelitian ini adalah Bank Umum Konvensional yang terdaftar di BEI periode 2009-2013 yang memenuhi syarat yaitu ada 21 bank. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling setiap tahun dari 2009 sampai dengan tahun 2013 sehingga diperoleh 105 sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t-statistic, uji F-statistic dan uji Koefisien Determinasi (R2)) dengan menggunakan program SPSS 20.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, khususnya pada uji F menunjukkan bahwa CAR, LDR, BOPO, Inflasi dan GDP secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap NPL. Uji t (parsial) menunjukkan LDR, Inflasi dan GDP tidak memiliki pengaruh terhadap NPL. Variabel CAR berpengaruh negatif signifikan terhadap NPL dan BOPO berpengaruh positif signifikan terhadap NPL. Adjusted R2 menunjukkan bahwa hanya sebesar 16,9% variabel-variabel independen memengaruhi NPL, sedangkan 83,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci: Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Debt Ratio (LDR), Biaya Operasional (BOPO), Inflasi

Statement of Responsibility
Author(s) Nourma Atiqoh (1111002012) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/328
Subject(s) Non Performing Loan (NPL)
Capital Adequacy Ratio (CAR)
Loan to Debt Ratio (LDR)
Biaya Operasional (BOPO)
Inflasi
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...