Select Language  
Book's Detail
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2013)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris ukuran klien, pergantian manajemen, financial distress, ukuran KAP, opini audit tahun sebelumnya, pertumbuhan perusahaan dan perubahan fee audit terhadap auditor switching. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2008-2013. Jumlah perusahaan manufaktur yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 30 perusahaan dengan pengamatan selama enam tahun. Pengampilan sampel dengan metode purposive sampling menghasilkan total sampel sebanyak 180 perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini audit tahun sebelumnya memberikan pengaruh signifikan terhadap auditor switching. Sedangkan variabel independen lainnya yaitu ukuran klien, pergantian manajemen, financial distress, ukuran KAP, pertumbuhan perusahaan dan perubahan fee audit tidak menunjukkan pengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan auditor switching.

Kata kunci: Auditor switching, ukuran klien, pergantian manajemen, financial distress, ukuran KAP, opini audit tahun sebelumnya, pertumbuhan perusahaan dan perubahan fee audit

Statement of Responsibility
Author(s) Heri Mubarak (1111002010) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-AKT/15/327
Subject(s) Financial Distress
opini audit tahun sebelumnya
Auditor switching
ukuran klien
pergantian manajemen
ukuran KAP
pertumbuhan perusahaan dan perubahan fee audit
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...