Select Language  
Book's Detail
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN USER DALAM IMPLEMENTASI INTEGRATED PART PROCUREMENT CONTROL SYSTEM (IPPCS) PADA AKTIVITAS FORECASTING BULANAN (GETSUDO) (STUDI KASUS: UPSTREAM SUPPLY CHAIN PT TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA (TMMIN))

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna dalam implementasi IPPCS. Studi dilakukan pada rantai suplai hulu PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dengan sampel penelitian sebanyak 88 pengguna IPPCS yang merupakan supplier TMMIN. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan kuantitatif yang diadopsi dari model kesuksesan sistem informasi DeLone & McLean dengan menggunakan tiga faktor penentu yang mempengaruhi kepuasan pengguna dalam implementasi IPPCS di TMMIN. Penelitian menggunakan instrumen kuesioner untuk mengukur kepuasan pengguna perihal faktor-faktor tersebut. Data tersebut kemudian diolah menggunakan statistik deskriptif. Selanjutnya, faktor-faktor tersebut dianalisis pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna dalam implementasi IPPCS dengan metode regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas sistem memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam implementasi IPPCS, sedangkan faktor kualitas informasi dan faktor kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam implementasi IPPCS. Namun, secara simultan faktor kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam implementasi IPPCS. Implikasi manajerial berdasarkan hasil penelitian ini adalah TMMIN perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas informasi dan kualitas pelayanan dikarenakan faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna implementasi IPPCS.

Kata kunci: faktor kualitas sistem, faktor kualitas informasi, faktor kualitas pelayanan, kepuasan pengguna implementasi IPPCS, model kesuksesan sistem informasi DeLone & McLean

Statement of Responsibility
Author(s) Khairunnisa (1111001061) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/15/439
Subject(s) faktor kualitas sistem
faktor kualitas informasi
faktor kualitas pelayanan
kepuasan pengguna implementasi IPPCS
model kesuksesan sistem informasi DeLone & McLean
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...