Select Language  
Book's Detail
PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI PRODUK USAHA KECIL DAN MENENGAH SEKTOR KERAJINAN TANGAN (STUDI KASUS PADA UKM PESERTA UKM GALLERY SMESCO)

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar (orientasi pelanggan, orientasi kompetitor, dan orientasi antar fungsi terhadap inovasi produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sampel dalam penelitian ini merupakan UKM yang tergabung dalam UKM Gallery SMESCO pada sektor kerajinan tangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan pengajuan analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui metode survei dengan instrumen kuesioner sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable orientasi pelanggan dan orientasi competitor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable inovasi produk, namun orientasi antar fungsi tidak memiliki pengaruh terhadap inovasi produk, tetapi orientasi pelanggan, orientasi kompetitor, dan orientasi pelanggan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk. Variabel yang paling berpengaruh terhadap inovasi produk UKM sektor kerajinan tangan adalah orientasi kompetitor.

Kata Kunci : orientasi pasar, orientasi pelanggan, orientasi kompetitor, orientasi antar fungsi, inovasi produk, UKM, SMESCO

Statement of Responsibility
Author(s) Sri Andini Pinaringansih (1101001052) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/15/432
Subject(s) orientasi pasar
orientasi pelanggan
orientasi kompetitor
orientasi antar fungsi
inovasi produk
UKM
SMESCO
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...