Select Language  
Book's Detail
ANALISIS KINERJA REKSA DANA SAHAM, PENDAPATAN TETAP DAN CAMPURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARPE, TREYNOR DAN JENSEN (Studi Kasus pada Reksadana PT Schroders Investment Management Indonesia, PT Panin Asset Management Indonesia, dan PT Trimegah Asset Management)

Reksa Dana produk investasi yang mulai diminati masyarakat pemodal.Reksa Daba memberikan berbagai pilihan investasi mulai dari yang relatif tinggi risikonya sampai pada pilihan berisiko rendah.

Terdapat 3 metode pengukuran kinerja Reksa dana dengan memasukkan unsur risiko, yakni metode Rasio Sharpe, Treynor dan Jensen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja Reksa Dana Saham, Pendapatan tetap dan Campuran dengan menggunakan metode Sharpe,Treynor

Rasio Sharpe, kinerja reksa dana dihitung tanpa memperhatikan risiko pasar dan hanya didasarkan pada penyimpangan dari portofolio reksa dana tersebut. Rasio Treynor, reksa dana dihitung dengan memperhatikan fluktuasi risiko pasar. Rasio Jensen, menilai kinerja Manajer Investasi apakah mampu memberikan kinerja diatas kinerja pasar sesuai risiko yang dimilikinya.

Sampel yang diambil pada penelitian inimerupakan reksadana yang ditawarkan pada periode 2009 sampai dengan 2013..Studi Kasus pada PT. Schroder Investment Management, PT. Panin Asset Management Indonesia dan PT. Trimegah Asset management.

Hasil dari penelitian ini hasil Rasio Sharpe tertinggi pada reksadana Campuran yaitu reksa dana Panin Dana Bersama dengan nilai 0.2627 yang artinya setiap 1% risiko yang ditanggung, maka Return RD Panin Dana Bersama memberikan Excess Return sebesar 0,2627. Untuk hasil rasio Treynor tertinggi pada reksadana Campuran yaitu reksa dana Panin Dana Bersama dengan nilai 0.0109 yang artinya setiap 1% risiko yang ditanggung, maka Return RD Panin Dana Bersama memberikan Excess Return sebesar 0,0109%. Untuk hasil rasio Jensen, tertinggi pada reksadana Campuran yaitu reksa dana Panin Dana Bersama dengan nilai 0.0144 yang artinya setiap 1% risiko yang ditanggung, maka Return RD Panin Dana Bersama memberikan Excess Return sebesar 0,0144%,

Kata kunci: Reksa Dana, Kinerja, Risiko

Statement of Responsibility
Author(s) Ade Rizky Pratiwi (1091000011) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/15/423
Subject(s) reksa dana
kinerja
risiko
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...