Select Language  
Book's Detail
PEGARUH PROFITABILITAS DAN CASH MANAGEMENT TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA

Kebijakan dividen merupakan hal yang penting karena bukan hanya menyangkut kepentingan perusahaan, namun juga menyangkut kepentingan pemegang saham. Dividen yang dibagikan kepada pemegang saham tergantung pada kebijakan perusahaan. Dalam menetapkan besaran dividen yang akan dibagikan, ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh return on asset dan free cash flow sebagai variabel independen dan dividend payout ratio sebagai variabel dependen.

Return on asset adalah tingkat keuntungan bersih yang berhasil diperoleh perusahaan dalam menjalankan operasionalnya. Sedangkan free cash flow yang merupakan aliran kas diskresioner yang menggambarkan fleksibilitas keuangan perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012. Peneliti menggunakan perusahaan manufaktur sebagai obyek karena termasuk sektor besar daripada sektor lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan industri manufaktur menyumbang 20.8% terhadap PDB nasional.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedua variabel independen memiliki hubungan positif tidak signifikan. Dari nilai koefisien determinasi menunjukan bahwa return on asset dan free cash flow memberikan pengaruh sebesar 14% terhadap dividend payout ratio.

Kata kunci: dividend payout ratio, return on asset, free cash flow, perusahaan manufaktur

Statement of Responsibility
Author(s) Ifta Iriany (1091000010) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/15/422
Subject(s) Perusahaan Manufaktur
Dividend Payout Ratio
Return on Asset
free cash flow
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2015
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...