Select Language  
Book's Detail
TWITTER: KAWAN, SEKALIGUS LAWAN BAGI REDAKSI BERITA

Twitter telah memberi warna bagi ruang redaksi. Keberadaannya membuat media massa harus berbenah untuk memanfaatkannya, sekaligus menandinginya. Sebagai salah satu media sosial, bagi redaksi, Twitter berperan sebagai sumber informasi baru, media promosi-
interaksi, dan media yang digunakan untuk melihat trend topic. Hingga kini peran tersebut masih melekat pada Twitter. Tapi, bagaimana peluangnya di masa datang, bagaimana redaksi menyikapinya, maka penelitian ini menganalisis dua jenis data, yakni: data primer yang diperoleh dari wawancara petinggi redaksi yang mewakili empat media massa (online, cetak, radio, dan TV) dan data sekunder yang terdiri dari literatur dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Twitter masih berpeluang menjadi sumber informasi baru sekaligus media sosialisasi dan interaksi. Twitter juga berpeluang menjadi pesaing bagi media massa mainstream. Media massa memiliki beragam strategi untuk memanfaatkan secara optimal keberadaan Twitter, sekaligus mengimbanginya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah terus berinovasi memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan Twitter.

Katakunci: Twitter, ruang redaksi, media sosial, berita, jurnalisme.

Statement of Responsibility
Author(s) Aryo Subarkah Eddyono - Personal Name
Edition Journal Communication Spectrum
Call Number Karil-042
Subject(s) media sosial
Twitter
jurnalisme
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2013
Specific Detail Info Journal Communication Spectrum Vol 3, No 1 Februari - Juli 2013
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...