Select Language  
Book's Detail
Pengaruh Pelatihan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi pada PT. Pupuk Kaltim)

Menyadari bahwa sumber daya manusia adalah aset penting perusahaan yang memiliki kemampuan berkembang sebagai penentu keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang, maka peningkatan produktivitas sumber daya manusia menjadi fokus utama perusahaan. Pelatihan merupakan salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawannya. Memiliki sumber daya manusia yang unggul akan membuat perusahaan tetap mampu bersaing dalam era persaingan global.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan yang terdiri dari materi pelatihan, pelatih dan metode pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah teori sumber daya manusia, khususnya yang berkaitan dengan pelatihan dan produktivitas kerja. Dalam penelitian ini respondennya adalah 60 orang karyawan yang bekerja di PT. Pupuk Kaltim Departemen Harmekal (Pemeliharaan Mekanik Lapangan) yang mengikuti pelatihan penyegaran mekanik lapangan.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil output SPSS diperoleh R square sebesar 48,6%, berarti variabel produktivitas kerja bisa dijelaskan oleh variabel pelatihan sebesar 48,6%, dan sisanya 51,4% dijelaskan oleh variabel yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Dari hasil uji F didapatkan variabel pelatihan berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas kerja. Dari hasil uji t hanya variabel materi pelatihan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja, sedangkan variabel pelatih, metode pelatihan, dan lama bekerja mempunyai pengaruh tidak nyata.

Kata kunci : Pelatihan, produktivitas kerja.

Statement of Responsibility
Author(s) Gustiyudha Ekapaksi Utama (1071001128) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-MNJ/12/110
Subject(s) Pelatihan Karyawan
Produktivitas Kerja
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2011
Specific Detail Info Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...