Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Karo | |
---|---|
Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang memepengaruhi kepuasan wisatawan dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Karo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori empat dimensi HISTOQUAL dari Frochot dan Hughes. yang terdiri dari responsiveness, tangible, consumables, dan empathy, dan teori kepuasan wisatawan. Jenis penelitian ini adalah desain riset dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 200 responden. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji F, uji t, dan analisis regresi berganda. Dengan menggunakan metode regresi berganda, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel empathy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Karo, sedangkan variabel responsiveness, tangible, dan consumables hanya berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Karo.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel paling dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Karo adalah variabel empathy. Kata Kunci: Responsiveness (Ketanggapan), Tangible (Bukti fisik)), Comsumables (Konsumsi), Empathy (Empati) dan Kepuasan Wisatawan. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Bambang Trihartanto, Ph.D. (Pembimbing I) - Personal Name Stevanie Christina Oktaviana Br Sinulingga (1071001152) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-MNJ/11/086 |
Subject(s) | Kepuasan Pelanggan wisatawan |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2011 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |